Teluk Kiluan:Hunt for dolphins

Teluk Kiluan berada di daerah lampung selatan di kabupaten tanggamus, yang memiliki desa induk (Pekon Kiluan Negeri) merupakan daerah yang memiliki daratan dari daerah pesisir pantai hingga perbukitan.di teluk ini banyak sekali yang dapat kita temui , mulai dari bukit berbaris,ikan terbang,penyu,pantai pasir putih,dan sang “pengantin” lumba-lumba.Selain alam yang eksotis dan beragam,teluk Kiluan juga memiliki budaya yang beragam,seperti yang saya lihat saat berada di kawasan Kiluan,banyak saya jumpai penduduk Bali yang menetap di sana sebagai transmigran.

Teluk ini dapat di akses dari Bakauheni dengan menggunakan mobil atau Travel yang sekarang sudah tersedia dan melayani rute Bandar Lampung-Kiluan (dengan booking sebelum nya) dengan tarif Rp 45.000 per orang oneway.Dalam perjalanan kita akan di suguhi oleh pemndangan yang sangat spectakuler,jangan heran anda dan kawan-kawan akan menucaapkan kata “wah!” berkali-kali.Jalan yang rusak seakan tidak menjadi kendala dengan suguhan “menu-menu” alam yang menakjubkan.Medan yang tidak bisa di prediksi pun menjadi tantangan tersendiri yang masih bisa di nikmati oleh teman seperjalanan.

Di Teluk kiluan kita bisa menginap di pulau Kiluan yang berjarak 15 menit dari pelabuhan,pulau ini dapat di akses dengan jukung dan di kenakan tarif Rp 7000 per orang.Di pulau Kiluan hanya terdapat satu Penginapan yang sederhana,jadi ada baik nya kita untuk melakukan reservasi jauh-jauh hari.Fasilitas yang di tawarkan juga sangatlah minim,dengan tenaga listrik yang terbatas serta makanan yang seadanya.

Aktivitas yang dapat dilakukan di pulau kiluan antara lain snorkling,renang,surfing,dan yang paling menarik adalah berburu lumba-lumba.Teluk Kiluan dikenal karena menjadi habitat lumba-lumba,dan sangat besar kemungkinan anda untuk menyaksikan atraksi alami lumba-lumba di teluk ini apabila cuaca mendukung.Berburu lumba-lumba dapat di lakukan pada pagi hari saat arus masih bersahabat,menggunakan jukung yang hanya dapat diisi maksimal 4 orang sudah sama nahkoda nya.Waktu yang di habiskan kurang lebih 2-3 jam.Kegiatan snorkling pun tidak kalah menarik untuk di lakukan di pulau Kiluan.

Semoga  review saya mengenai Kiluan dapat memajukan dan memperkenalkan wisata Kiluan!

untuk info dapat mengunjungi situs resmi kiluan

http://www.telukkiluan.org

Teluk Kiluan

bukit berbaris

Teluk Kiluan

pantai P Kiluan

taken by tyo

    • liz
    • August 14th, 2011

    tyo,
    thanks ttg info Kiluan nya…. aku jadi pengen banget kesana…. jauh2 ke bali buat lihat dolphins… tau2nya di kampung sendiri ada… malu2in aja… hehehhehe

    ada no telp penginapannya dak? buat reservasi…..
    plus… apa2 aja yg kudu disiapin ya kalo kesana?

      • mustofawalker
      • August 14th, 2011

      waaah sorry udah lama bngt , jd udah ilang kontek nya ,. yang perlu di siapin itu sabar aja nunggu lumba2 nya , dan plan for the worst kalo kalo ga nemu lumba2 , ada yg sampe 3 malam di sana tpi ga ketemu . Jadi banyak2 doa aja.hahaha, thx udah mampir ya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: