KAWAH RATU:Are You Ready?

Sebagai salah satu dari sekian banyak obyek wisata alam di Gunung Salak, Kawah Ratu yang terletak di ketinggian 1.338 meter di atas permukaan laut dengan Suhu yang berkisar antara 10-24 derajat Celcius(masih memegang rekor suhu terdingin gw btw).Terletak di sebelah utara Kota Bogor, keberadaan kawah-kawah ini sudah tak asing lagi bagi warga Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek). Bahkan sejumlah turis dari luar negeri katanya juga tertarik untuk mengunjunginya. Tujuannya pun beragam. Dari hanya sekadar berekreasi menikmati indahnya alam hingga untuk keperluan pengobatan.

Petualangan di mulai dari semenjak gw melangkahkan kaki keluar rumah menuju Stasiun kereta Tanah Abang.Sekalian liat suasana Tanah Abang di pagi hari,jadi gw milih jalan kaki.Tepat pukul 6 pagi gw udah di sambut oleh wajah-wajah “asem” orang-orang di stasiun dengan tatapan penuh tanya “nih orang mao ngapain?pake celana pendek,kaos,bawa2 tas,belom mandi?”begitu juga petugas tiketing nya!yang berangkat dari Tanah abang Utub,Ule,di susul Tante Tika,dan peserta yang tiba-tiba muncul di tanah abang KS Yuan.kereta  menuju Bogor jam 6.25 am .Perjalanan memakan waktu 2 jam.Gak berasa kalo foto-foto di gerbong kosong,serasa kereta milik kita ber 2 deh!

Sampai di Bogor kira-kira jam 8 , sebelum nya udah ketemuan sama team lain di dalem kereta , ada yang dari tebet,manggarai,depok,pocin, dll you name it.Tepat Pukul 9 sehabis sarapan kita menuju Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dengan mengunakan angkot yang udah di carter.Perjalanan makan waktu 3 jam an , dengan jalan nya najak-nanjak parah jadi sewaktu-waktu penumpang harus di turunin dulu,terpaksa treking duluan deh di jalan aspal!plus nyasar-nyasar di tengah-tengah gunung Halimun,dan ternyata sodara-sodara kita udah ngelewatin pintu masuk treking nya cuman kita gak nyadar aja.

jam 1 pm kita memulai treking nya yang sebelum nya kita udah beli nasi pakai telor dadar saja.Tidak sampai 15 menit jalan,kita sudah di sambut oleh guyuran hujan yang sangat-sangat-sangat deras.Dengan keteguhan hati dan semangat 45,kita melintasi jalur-jalur yang menjadi sungai.Melewati lembah ,membelah sungai,memanjat pohon,lewat jembatan sebatang,terjerumus berkali-kali ke lumpur dan beberapa sendal pun menjadi korban.Setelah 2,5 jam treking kita sampai di kawah mati yang tadi nya gw pikir udah sampe,ternyata belum,30 menit kemudian kita sampai di kawah mati 2 yang tadi nya gw pikir udah sampe juga.Setelah kawah mati 2 perjalanan semakin berat,melewati lumpur yang udah kayak sabun colek,sekali injek langsung ngejeblos.

kira-kira jam 4.30 pm kita sampai di kawah ratu dengan keadaan yang menengenaskan.Tanpa Menghiraukan kawah nya semua langsung buka Nasi yang udah di beli sebelum treking.Jadi inti nya kita cuman mau makan nasi pake Telor dadar di Kawah Ratu (T__T)dan parah nya lagi,kita lupa beliin makanan buat guide kita alhasil donat gepeng sisa pun di santap nya.Berhubung sudah jam 5 pm,jadi kita segera bergegas balik sebelum matahari meninggalkan kita,yang pasti tidak lupa foto-foto di kawah nya.

Perjalanan pulang lebih berat dari pada sebelum nya , walaupun tanpa Ujan.lumpu-lumpur tambah tebal dan tebal dan tebal!!dan siang pun berganti malam,bisa di bayangkan gimana rasa nya jalan di tengah-tengah gunung halimun hanya dengan 2 senter untuk 18 orang , di tambah kondisi jalan yang berlumpur,ber batu , ber sungai , ber air , dan ber hantu.Kilometer ke Kilometer , hektar ke hektar jalan yang harus kita lalui dengan celoteh Abel selama ber jam-jam dan satu persatu semua nya kepeleset, jatoh,kecelup, dari yang split sampe yang kayang.

setelah 4 jam jalan akhir nya kita sampai di warung tempat kita beli telor dadar.ARGGGGHHHH! mao copot rasa betis gw , dan masih gak percaya kalo gw mampu melalui semua cobaan,seakan-akan perjalanan kaki gw selama ini gak ada apa-apa nya.total 9 jam jalan kaki!

yang tadi nya rencana nya seharus nya semestinya pulang hari itu , tapi karena sudah malam jadi kita nyari homestay di sekitar warung.Dengan mengunakan ojek kita ke rumah nya,pas di atas ojek gw baru nyadar kalo ternyata dingin banget!!!!sebagai orang yang pertama sampai di penginapan , gw langsung ambil selimut yang paling tebel,dan bantal yang paling empuk,langsung teparrr sampe besok pagi ga kebangun-bangun , bahkan suhu dingin pun gak terasa!

***

Gubrak-gubrak!! gw di sabetin pake sarung sama Nabil and mbak Ami di suruh solat subuh dulu,kalo udah begini gak bisa nolak.abis sholat langsung nyari nasi uduk rame- rame , makan dengan view yang fantastis!

hari itu di lanjutkan dengan perjalanan menuju curug-curug di sekitar TNGHS,wisata kuliner di bogor (*baca:KFC),dan berpisah di Manggarai.

Kesan-Kesan gw

-perjalanan paling mendebarkan so far

-i have no word to say to all of my best friends

Kesan-Kesan Oleh KS(ketua suku) Yuan

Untungnya hari itu kita ngaret dan hujan, so..
– kita bisa melihat teman kita split dengan sempurna di atas lumpur
– kita bisa melihat teman kita berdansa gaya kayang
– kita bisa melihat kunang-kunang di tengah hutan
– kita bisa menikmati nasi telor dan mie goreng ter-enak di dunia
– kita bisa menjadi lebih dekat dengan teman kita

Terlintas seketika saat perjalanan pulang, perjalanan yang telah kita alami sambil senyum-senyum sendiri mengingat berbagai kejadian lucu. Tujuan perjalanan mungkin tidak sebanding dengan perjalanan yang telah kita tempuh tapi ternyata sekarang saya berpikiran kalau kita mendapatkan sesuatu yang sangat sebanding, yaitu kita pernah melakukan perjalanan luar biasa bersama bersama teman-teman terdekat yang tak akan pernah kita lupakan.

terharu beneran gw baca nya , berkaca-kaca!

photo credits: Ule,tyo,dian

    • fairy ajah
    • June 28th, 2010

    yaoloh muss,, mellow amat dah,,..
    tapi gw juga suka banget ama perjalanan ke kawah ratu kemaren,, mantap gan ^^,
    *btw, lu gak ceritain mitos anak ayam?? hehehe

      • mustofawalker
      • June 29th, 2010

      emang loe ikut jrie?

    • fairy ajah
    • June 29th, 2010

    buset parah banget lu muss,, sumpah parah banget😦
    *pundung.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: