Ujung Kulon : Sensasi Alam Liar

Sekilas Tentang Taman Nasional UK (sumber wikipedia)

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman ini mempunyai luas sekitar 1,206 km² (443 km² diantaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1992, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Pada awalnya Ujung Kulon adalah daerah pertanian pada beberapa masa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang akhirnya mengubahnya kawasan ini kembali menjadi hutan.

Izin untuk masuk ke Taman Nasional ini dapat diperoleh di Kantor Pusat Taman Nasional di Kota Labuan atau Tamanjaya. Penginapan dapat diperoleh di Pulau Handeuleum dan Peucang.

Di butuhkan waktu 4-5 jam dengan menggunakan elf ke Desa Taman Jaya dari Serang ,Banten .Taman Jaya merupakan desa yang bisa di jadikan pintu masuk ke kawasan TNUK,selain tersedia jasa penyewaan perahu untuk Island hoping Taman Jaya juga merupakan bagian dari TNUK,sedangkan untuk menuju Pulau Peucang dapat di tempuh selama 2 jam dengan menggunakan perahu.Pulau Peucang adalah satu-satu nya pulau yang memiliki fasilitas bagi traveler dan lagi pulau Peucang bisa di jadikan starting point untuk mengelilingi kawasan TNUK dengan spot-spot snorkling nya.

Lokasi menarik selanjut nya adalah Cibom dilanjutkan treking ke Tanjung Layar.Jika anda ingin melihat ujung nya pulau Jawa,maka Tanjung Layar adalah tempat nya.Dengan seedikit usaha melalui jalan becek di tengah hutan Cibom selama 1 jam anda akan tiba di ujung pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di dunia.Dengan hamparan lapangan hijau dan deburan ombak samudra Hindia anda akan di buat terpana,luangkan lah waktu beberapa saat untuk beristirahat di Tanjung Layar.

Dari Tanjung Layar perjalanan di lanjutkan ke Cidaon dengan menggunakan perahu,dimana anda dapat melihat habitat banteng dan merak di lapangan savana nya.Dengan tersedia nya watch tower,anda dapat melihat sekeliling savana dari ketingiian 15 meter untuk pemandangan yang lebih luas.Puas dengan padang savana,sebaik nya anda menunggu sunset di dermaga Cidaon ini,dengan laut tenang seperti danau anda dapat memanfaat kan quality time anda di sini.

TNUK juga memiliki beberapa spot snorkling dengan keindahan taman laut nya yang wajib anda coba.Sebelum pulang ke Taman Jaya,sempatkan lah waktu untuk bermain di pulau Badul,pulau yang hanya ber isi pasir putih dan terumbu karang nya.

 

Sunset Cidaon

 

Pulau peucang

Cidaon

  1. INDONESIA IT’S OK

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: